Senin, 29-11-2021
  • MAN 6 Ciamis Ber-Adab (Agamis, Disiplin, Amanah dan Berprestasi)

Kemendiknas Gelar Olimpiade Nasional MIPA

Diterbitkan : - Kategori : Berita


JAKARTA–Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menggelar Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) perguruan tinggi untuk bidang matematika, fisika dan kimia. “Persyaratan sebagai peserta ON MIPA ini adalah mahasiswa dari berbagai program studi strata satu dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, dari mulai semester satu hingga tingkat akhir,” kata Direktur Akademik Dirjen Pendidikan Tinggi, Illah Sailah, kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Proses seleksi, ujarnya, sudah dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi sejak Februari sampai dengan pertengahan Maret 2010 di mana ranking pertama hingga ke tujuh pada seleksi di perguruan tinggi berhak mengikuti seleksi tingkat wilayah. Seleksi tingkat wilayah, katanya, akan dilaksanakan pada 6-7 April 2010 secara bersamaan di 12 wilayah. Wilayah satu yakni Aceh dan Sumatera Utara diseleksi oleh Universitas Syahkuala, untuk Sumsel, Babel, Bengkulu dan Lampung oleh Aniversitas Sriwijaya, sedangkan Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi diseleksi Universitas Riau.

Jakarta dan Banten oleh Universitas Negeri Jakarta, Jawa Barat oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta untuk wilayah Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret untuk Jawa Tengah, Universitas Airlangga untuk Jawa Timur, Universitas Udayana untuk Bali, NTB, dan NTT, Universitas Negeri Makassar untuk Sulawesi, Universitas Mulawarman untuk Kalimantan, dan Universitas Patimura untuk Maluku dan Papua.

Seleksi tingkat wilayah akan menentukan mahasiswa terbaik yang berhak untuk mengikuti seleksi tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada 29 April hingga 1 Mei. “Akan ada 40 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan pertimbangan nilai tertinggi hasil seleksi wilayah, lalu dalam seleksi tingkat nasional akan ditentukan 20 mahasiswa terbaik yang kemudian dibina selama sebulan untuk menentukan 4-6 mahasiswa yang berhak mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Internasional,” katanya.

Mahasiswa terbaik ini akan mewakili Indonesia dalam Olimpiade Internasional yang ke-16 pada tahun ini yang akan dilaksanakan pada 25-30 Juli 2010 di Eropa Timur, ujarnya. ON MIPA diawali dengan olimpiade nasional matematika pada 2006 dengan diikuti oleh 265 peserta. Pada 2009, ON mulai mempertandingkan juga Fisika dan Kimia dengan total peserta 852 orang. Pada 2010 ON MIPA ini mempertandingkan matematika yang diikuti 649 orang, fisika 448 orang dan kimia 429 orang sehingga total peserta 1.526 orang.

“Sebanyak 20 peserta yang menang seleksi akan memperoleh Rp10 juta,” kata Kasubdit Wawasan dan Kemampuan Akademik Mahasiswa Kemendiknas, Haryono, sambil menambahkan untuk pertandingan bidang biologi pihaknya belum menggelarnya.

republika.co.id

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Ber-Adab: Agamis, Disiplin, Amanah, dan Berprestasi

Sekretariat:
Jl. Rumah Sakit No. 20 Situmandala Rancah Ciamis Jawa Barat 46387